Rabu, 30 Mei 2012

Virus Lokal

Autovit menyamat jadi WebCam


Autoit merupakan sebuah bahasa pemrograman scripting basic seperti VBS Script, awalnya  Autoit di buat untuk memudahkan para developer software dalam menagani permasalahan secara otomatis, dengan Autoit para pengembang sofware bisa dengan mudah memanipulasi gerakan mouse, tuts keyboard dan windows aplikasi yang berjalan, Dari kemudahan yang ditawarkan oleh Autoit membuat segelintir orang iseng untuk membuat virus menggunakan Autoit, apalagi Autoit menggunakan bahasa basic, mirip seperti Visual Basic, memudahkan para Pembuat virus untuk memperlajari Autoit dengan cepat,

Salah satunya adalah virus Autoit ini, Virus ini dapat menyebar dengan memanfaatkan Aplikasi Instan Messaging seperti Yahoo Messenger, Google Talk, dan Skype. sebenarnya virus ini bukanlah hal baru sebelumnya beberapa tahun yang lalu sudah ditemukan virus yang hampir sama yakni Virus Sohanad, virus Sohanad juga memanfaatkan Yahoo Messenger sebagai media penyebaran, kuat dugaan virus ini masih satu varian dengan virus sohanad, dari beberapa teknik yang dia gunakan hampir sama dengan virus sohanad, yang membedakan hanyalah virus ini dapat menyebar dengan memanfaatkan banyak aplikasi Instan Messaging (YM, Gtalk, Skype).
More →

Si Bolang, ‘Bocah’ Petualang yang Mencoba Berpetualang di Sistem Komputer03.26.12

‘Bocah’ dalam tanda kutip satu disini maksudnya adalah virus, yang kali ini mengangkat tema program acara di salah satu stasiun televisi Indonesia. Mungkin si pembuatnya (VM) suka nonton acara televisi tersebut, atau ulah virus ini memang memiliki kesamaan dengan hal tersebut? Mari kita selidik!
Dari kesamaan, mereka sama-sama berteman. Kalau si Bocah Petualang kan mereka selalu ada teman dalam petualanganya tersebut, nah virus kali ini juga berteman dalam berpetualang ‘mencari’ dokumen yang ada di komputer sasarannya. Bagaimana dia memanggil temannya? Mari kita cari tau! ;)
Karakteristik Virus
Nama : SiBolang.exe
Ukuran: 35 KB
File version: 3.0.0.5
Icon: Ms. Word
Developed in : VB
Packed by: UPX


Aksi Virus
Saat pertama kali virus dijalankan, ia akan menjalankan Text Editor seperti More →

Virus MP3 Anti Pembajakan03.06.12

Setelah beberapa waktu lalu dihebohkan dengan adanya rancangan undang-undang SOPA dan PIPA, rupanya pembuat virus lokal juga nggak mau kalah dengan menciptakan virus anti pembajakan mp3, seperti apakah virus ini, mari kita lihat aksinya.
More →

VB.Jardiknas.C, Virus untuk Pelajar yang Ingin Lulus UNAS, Benarkah?02.08.12

UNAS atau Ujian Nasional adalah masa yang menegangkan bagi pelajar, baik itu SMP maupun SMA atau sederajat. Ya, memang menegangkan, karena jika lulus UNAS maka si pelajar siap untuk pencapaian pendidikan yang lebih tinggi. Siapa yang tidak ingin lulus UNAS? Orang tua mana yang tidak bangga jika anaknya lulus UNAS? Tentu lulus Ujian Nasional adalah keinginan sekaligus harapan bagi pelajar itu sendiri, orang tua, dan pada guru yang mendidik murid-muridnya.
Virus kali ini memanfaatkan momen UNAS 2011 sebagai teknik sosialisasi penyebarannya. Hmm…, tidak hanya UNAS saja sih, Facebook sebagai situs jejaring sosial yang fenomenal saat ini juga menjadi triknya dalam mendapatkan mangsa.
Karakteristik Virus

Icon : PDF (Portable Document File)
Ukuran : 168 KB
Dibuat dengan : Visual Basic 6.0

Menggandakan Diri

Saat virus aktif, virus akan More →

Basmi tuntas Virus Sality01.31.12


Sality merupakan virus berjenis PE Infector (Polymorphic) yang menginfeksi file-file Executabe “exe”. Virus yang memiliki nama asli w32.Hllp.KukuJoker ini banyak dikeluhkan pengguna computer diseluruh dunia, terutama di indonesia banyak sekali pengguna komputer yang melaporkan telah terinfeksi oleh virus ini.
Virus ini masih belum jelas asal usulnya, dugaan sementara virus ini berasal dari cina, selain mempunyai kemampuan untuk menginfeksi file-file executable virus ini juga memilki kemampuan rootkit, sehingga selain sulit untuk dibersihkan dari system, file-file yang terinfeksi juga cukup sulit untuk diperbaiki,  menggunakan  beberapa tools  remover  dan antivirus  juga terkadang  malah  bisa  menimbulkan kerusakan pada file yang terinfeksi bahkan  bisa menghapusnya.
More →

Virus RandomName (1)01.28.12

Sesuai  judul,  virus yang satu ini sifatnya memang tidak konsisten terhadap namanya,  namanya random (acak), bisa berubah-ubah dalam setiap eksekusi. Wah, dari segi penamaan yang random ini sepertinya virus ini sangat berbahaya ya. Dari pada penasaran, mari kita telusuri lebih jauh tentang apa saja ulah virus yang satu ini. ;)
Karakteristik Virus
 
  • Nama file: (acak)
  • Ukuran: 56.0 KB
  • Dibuat menggunakan: Visual Basic 6.0

Aksi Virus
Virus ini tidak terlalu banyak ulah seperti kebanyakan virus, dia hanya More →

Virus Acak Pembuat Sampah01.27.12

Berhati-hatilah jika menemukan sebuah file di flashdisk dengan ciri-ciri nama acak, ukuran sekitar 104 kb, dan ikon mirip dengan sebuah installer aplikasi, bisa dipastikan flashdisk yang terdapat file tersebut telah terinfeksi oleh virus ini
Karakteristik Virus
• Ukuran sekitar : 104 Kb
• Ikon : sebuah Installer atau SETUP
• Dibuat : Menggunakan Visual Basic 6

More →

Virus Cinta (Lia)01.19.12

Hmm, bingung, apa kiranya nama yang pas untuk judul kali ini?
Virus Cinta saja ya? :)
Virus ini sebenarnya tidak terlalu nakal, hanya saja dia menggandakan diri sebanyak folder yang ada, baik itu pada harddisk maupun flashdisk, tentu akan sangat menjengkelkan jika setiap folder yang kita punyai disisipkan diri virus ini, bukan? Karena, semakin banyak dia menggandakan diri, semakin banyak space (ruang) dari media penyimpanan (storage) kita terbuang. Misalkan saja ada sepuluh folder, yang mana ukuran file virus ini adalah 52 KB, maka 52KB x 10KB = 520 KB akan terbuang dengan sia-sia oleh ulah virus ini. Itu tadi misal untuk sepuluh folder, sedangkan kenyataannya pada komputer terdapat lebih dari 10 folder, ratusan bahkan sampai ribuan.
Karakteristik Virus

Nama : LIA I LOVE YOU.exe
Ukuran : 52.0 KB
Icon : Bola Dunia
Compiled by : Visual Basic 6.0
Aksi Virus
Seperti kebanyakan virus lainnya, virus ini memodifikasi pengaturan pada Resgistry, menghilangkan Folder Options, dan sebagainya. Mari ikuti saja sampai selesai, tidak panjang kok. :)
More →

Satu Klik, Smadav Mendapatkan Hati Alice12.15.11

Alice, nama yang bagus, tapi tak sebagus kelakuannya. Oh iya, maksudnya disini bukan menyinggung orang (manusia), tetapi ini adalah nama virus yang sedang hangat dibicarakan di forum Smadav (www.smadaver.com), karena ada user yang melapor (konsultasi virus) bahwa file dokumennya hilang entah kemana (yang padahal tidak kemana-mana, so, ikuti saja artikel ini sampai selesai!). ;)
Bayangkan apa jadinya jika mahasiswa semester akhir (S1) kehilangan dokumen (.doc) bahan skripsinya, sedangkan bahan tersebut sudah tinggal cetak saja maka skripsinya selesai, namun terancam gagal S1 karena virus ini, sungguh sangat menyebalkan, bukan?
Karakteristik Virus

Virus ini hanya memiliki ukuran sekitar 8 KB, dengan eksternsi .vbe. Dari icon memang terlihat seperti virus VBS (.vbs) biasa, tetapi karena ini berekstensi .vbe (VBScript Encoded Script File) maka virus ini berbeda dengan virus .vbs pada umumnya, virus ini terenkrip sehingga souce codenya tidak bisa terbaca dengan mudah. More →

Smadav 2011 Rev. 8.8 dirilis !!!!12.07.11

Smadav 2011 Rev. 8.8 : Penambahan database 150 virus baru, penyempurnaan Auto-Scan Flashdisk (lebih akurat dan interaktif), penyempurnaan fitur-fitur yang sudah ada (scanning Registry, 2 setting baru, 1-Virus-By-User, dll.)
Penyempurnaan Auto-Scan Flashdisk :
- Jika Smadav Rev. 8.7 tidak ada indikator Progress Bar pada Auto-Scan Flashdisk, maka Smadav Rev. 8.8 ini sudah disempurnakan dengan indikator Progress Bar tersebut layaknya Scanning secara manual. Bukan hanya terjadi penyempurnaan indikator saja, tetapi keakuratan dalam Scanning mode Auto-Scan Flashdisk ini juga telah diperbaiki dari revisi sebelumnya.

Progress bar

Progress bar complete
Penambahan 2 Setting Baru :
- Quick/Full Scan Flashdisk yang berfungsi untuk melakukan scanning dengan cepat dan menyeluruh (baik itu root flashdisk maupun sub folder dari flashdisk). Disini Anda bisa menentukan sendiri dengan mencentang untuk mengaktifkan fitur ini, maupun tidak mencentang untuk tidak mengaktifkan fitur ini.
- Konfirmasi Smad-Lock untuk proteksi flashdisk yang berfungsi agar setiap flashdisk yang tertancap ke port USB akan langsung dilakukan Lock oleh fitur Smad-Lock. Disini Anda bisa More →


0 comments: